RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP : 09/GEO/X.II/SMA/2014
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas /
Semester : X / II
Pertemuan ke : 9
Alokasi
Waktu : 1 x 45 menit ( 1 x
pertemuan )
Standar Kompetensi :
Menganalisis unsur-unsur geosfer.
I.
Kompetensi Dasar
Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi.
Indikator Pencapaian
A.
Kognitif
1.
Menjelaskan siklus
hidrologi.
2.
Memdeskripsikan jenis
perairan di Indonesia.
3.
Mendeskripsikan pola
aliran sungai.
B.
Afektif:
1.
Karakter
a.
jujur,
b.
bertanggung jawab,
c.
cermat,
d.
teliti.
2.
Keterampilan sosial
a.
bertanya,
b.
menanggapi,
c.
menjawab,
d.
menyanggah.
II.
Tujuan Pembelajaran
A.
Aspek kognitif
1.
Menjelaskankan siklus
hidrologi.
2.
Mendeskripsikan
jenis perairan di Indonesia.
3.
Mendeskripsikan pola
aliran sungai.
B.
Aspek apektif
1.
Siswa dapat menjelaskan
tentang siklus hidrologi.
2.
Siswa dapat mendeskripsikan
tentang jenis perairan di Indonesia.
3.
Siswa dapat mendeskripsikan
tentang pola aliran sungai.
III.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Siklus Hidrologi
Hidrologi merupakan cabang dari Geografi Fisik yang mempelajari
air di bumi dengan tekanan khusus pada sifat-sifat, fenomena, distribusi dan terdapatnya air di bumi serta
deskripsi bumi dalam hubungannya dengan air. Disamping itu, hidrologi juga mempelajari efek
fisik air di bumi serta hubungan antara air dengan kehidupan.
Air di bumi dapat berubah menjadi uap air, peristiwa perubahan air menjadi uap air
disebut penguapan atau evaporasi.Sedangkan
peristiwa penguapan dari tanaman disebut transpirasi.
Penguapan dari permukaan air bersama-sama dengan penguapan dari tumbuhan
disebut evapotranspirasi.
Uap air dari daratan dan lautan bergerak ke atas memasuki
atmosfer. Setelah melalui proses, uap air tersebut berubah menjadi awan.
Kemudian, awan jatuh ke bumi, sebagai hujan. Titik-titik air hujan yang jatuh
ke bumi, sebagian meresap ke dalam tanah dan sisanya mengalir melalui
sungai-sungai menuju ke laut. Air yang jatuh ke bumi menguap kembali ke udara,
berubah menjadi awan, dan seterusnya. Proses berulang tersebut dinamakan siklus hidrologi.
Siklus hidrologi dapat
dibedakan menjadi tiga jenis :
Siklus pendek
|
Siklus sedang
|
Siklus panjang
|
Sumber : www.google.com
Gambar 1.1 Siklus Hidrologi
2. Jenis
Perairan di Indonesia
1.
Air Tanah
Air tanah adalah air yang terdapat atau
tersimpan di dalam tanah. Air itu mengisi ruang antar butir tanah (pori-pori
tanah) dan pada retakan-retakan batuan. Makin besar kadar pori-pori batuan,
makin besar jumlah air tanah yang dikandungnya. Hampir semua air tanah
merupakan bagian dari siklus hidrologi. Hal itu berarti sebagian air tanah
berasal dari air permukaan bumi dan air hujan.
2.
Rawa
Rawa adalah tanah basah yang selalu digenangi
air karena kekurangan drainase atau letaknya lebih rendah daripada daerah
sekitarnya.
Rawa dapat terjadi karena hal-hal berikut :
1.
Perluasan daratan
akibat sedimen akuatis;
2.
Pengikisan air laut
atau abrasi.
sumber : www. google.com/rawa
Gambar 2. 1 Rawa
2.
Danau
Danau adalah cekungan di daratan yang terisi
air. Air danau beasal dari sungai, hujan, gletser, dan mata air. Danau yang
memiliki saluran pembuangan (outlet), airnya tawar. Sebaliknya, danau yang
tidak memiliki saluran pembuangan, airnya asin.
sumber : www.
google.com/danau
Gambar 2.2 Danau
4. Sungai
Air hujan yang menggenang di permukaan tanah
mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Aliran air
itu melewati lekukan atau alur menuju laut. Alur air semacam itu dinamakan sungai. Bagian sungai yang dekat dengan
mata air disebut hulu, sedangkan bagian sungai yang dekat dengan muara disebut hilir.
sumber : www.
google.com/danau
Gambar 2.3 Sungai
3.
Pola Aliran Sungai
Pola aliran sungai dapat dibedakan sebagai
berikut :
1.
Dendritik adalah pola
aliran sungai yang menyerupai bentuk pohon. Pola aliran itu berupa sungai induk
dengan anak-anak sungainya.
2.
Rectangular : Aliran
rectangular merupakan pola aliran dari pertemuan antara alirannya membentuk
sudut siku-siku atau hampir siku-siku. Pola aliran ini berkembang pada daerah
rekahan dan patahan.
3.
Pinnate : Pola Pinnate
adalah aliran sungai yang mana muara anak sungai membentuk sudut lancip dengan
sungai induk. Sungai ini biasanya terdapat pada bukit yang lerengnya terjal
4.
Trellis adalah pola
aliran sungai yang antara sungai induk dan anak-anak sungainya membentuk sudut
tegak lurus.
5.
Annular: sungai utama
melingkar dengan anak sungai yang membentuk sudut hampir tegak lurus.
Berkembang di dome dengan batuan yang berseling antara lunak dan keras
6.
Parallel adalah pola
aliran sungai yang hampir sejajar antara sungai satu dan lainnya.
7.
Radial adalah pola
aliran sungai yang arahnya menyebar dari suatu lokasi tertentu. Ciri khas pola
aliran di kerucut vulkan.
8.
Sentripetal adalah
pola aliran sungai yang arahnya menuju ke satu lokasi tertentu. Ciri khas di
daerah cekungan (danau).
sumber : Van Suidam
Gambar 1.2 pola aliran sungai
IV. Strategi dan Model
Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
2.
Metode Pembelajaran : Diskusi Kelompok
V. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
“ om swastyastu”
1.
Menjelaskan siklus
hidrologi.
2.
Mendeskripsikan jenis perairan di Indonesia.
3.
Mendeskripsikan pola
aliran sungai.
|
“ Hadir Pak”
1.
Siklus hidrologi.
2.
Jenis perairan di
Indonesia.
3.
Pola aliran sungai.
|
2 menit
3 menit
5 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
Ekplorasi
1.
Jelaskanlah siklus hidrologi!
2.
Deskripsikalah jenis
perairan di Indonesia!
3.
Deskripsikanlah pola aliran sungai!
Elaborasi (menulis hasil diskusi)
Konfirmasi
|
1.
Mendiskusikan tentang
proses terjadinya siklus hidrologi.
2.
Mendiskusikan jenis perairan
di Indonesia.
3.
Mendiskusikan pola
aliran sungai.
o
Siswa bertanya jika
belum mengerti.
o
Presentasi hasil
kerja kelompok siswa yang ditanggapi oleh kelompok siswa yang lain
o
Siswa memberikan
jawaban sesuai dengan hasil kesepakatan dalam diskusi
o
Memberikan aplaus
terhadap siswa dalam berdiskusi
|
10 menit
10 menit
10 menit
|
3
|
Penutup
1.
Siklus hidrologi.
2.
Jenis perairan di
Indonesia.
3.
Pola aliran sungai.
Penilaian
Memberikan tugas rumah :
Buatlah kliping mengenai pemanfaatan dan
pelestarian Hidrosfer
|
o
Membuat ringkasan
kecil mengenai materi pelajaran
|
5 menit
5 menit
|
VI. Sumber Belajar, Alat, dan Sarana
Alat dan Sarana:
Power point tentang :
1. Siklus Hidrologi
2. Jenis
dan persebaran perairan di Indonesia
3. Pola aliran Sungai
Gambar tentang :
1. Jenis Perairan
2. Siklus Hidrologi
3. Pola Aliran Sungai
Sumber belajar:
Wardiyatmoko, K. 2006.
Geografi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Mulyo, Bambang N,dkk.2006. Geografi untuk
Kelas X SMA dan MA. Solo. Tiga Serangkai.
www. Wikipedia.co.id. 2007. “jagat raya”
VII. Penilaian
A.
Prosedur penilaian
1.
Tes untuk penilaian
Kognitif
·
Tes tulis
-
Tes Essay
2.
Non tes untuk
penilaian Afektif
·
Angket untuk kelompok
B.
Alat penilaian:
·
Tes tulis
Tes Essay
No Tujuan pembelajaran
|
No Soal
|
Butir Soal
|
Bobot
|
1
|
1
|
Menjelaskan siklus
hidrologi.
|
25
|
2
|
2
|
Mendeskripsikan jenis-jenis hidrologi di Indonesia
|
25
|
3
|
3
|
Mendeskripsikan pola aliran sungai.
|
50
|
Total
|
100
|
KKM: 75
·
Non Tes
Format angket penilaian
afektif
RPP : 09/GEO/X.II/SMA/2014
KD : Menganalisis hidrosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi.
Nama : I
Komang Sapta Dipayana
Tanggal : 8 April
2014
Pertemuan : 9
(sembilan)
FORMAT PENILAIAN AFEKTIF
RPP :
09/GEO/X.II/SMA/2014
KD : Menganalisis hidrosfer dan
dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi.
Tanggal : 8 April 2014
Pertemuan : 9 (sembilan)
Kriteria penilaian afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab
|
Kemampuan Menanggapi
Jawaban
|
Kemampuan Pendapat
Orang
|
|||||||||||||||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Ni Putu Endra Agustini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Gede Nanda Sukma W
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
I Komang Sapta Dipayana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
I Kadek Rudi Anto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
I Putu Windhu Sanjaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
I Ketut Sudiartawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Nanik Febrianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
I Putu Ade Suryantara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Heti Rosdiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
I Wayan Sudastra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Made Gunawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Yosefina Dhiu Tudu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Gusti Putu Suryati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Juliana Dasilva
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Ropiyatin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
0 =
Tidak bertanya/ menanggapi jawaban/ menjawab/ menyanggah
1 = Sikap
bertanya/ menanggapi jawaban/ menjawab/ menyanggah tidak sesuai dengan topik
2 = Sikap bertanya/ menanggapi jawaban/ menjawab/
menyanggah kurang sempurna dengan topik
3 = Sikap
bertanya/ menanggapi jawaban/ menjawab/ menyanggah dengan sempurna
4 = Sikap
bertanya/ menanggapi jawaban/ menjawab/ menyanggah sangat sempurna
Konfirmasi
Nilai sikap :
R =
Rendah 0 – 1
S =
Sedang 2 – 3
T =
Tinggi 4
Lampiran Soal :
1.
Jelaskanlah siklus
hidrologi!
2.
Deskripsikan jenis perairan di Indonesia!
3.
Deskripsikan pola
aliran sungai!
Kunci Jawaban Tes Kelompok :
- Pertama, terjadinya penguapan air laut-konveksi-turun hujan- terjadi aliran permukaan dan aliran bawah tanah-kemudian aliran permukaan ataupun aliran bawah tanah tersebut mengalir kembali ke laut.
- 1. Air tanah adalah air yang terdapat atau tersimpan di dalam tanah. Air itu mengisi ruang antar butir tanah (pori-pori tanah) dan pada retakan-retakan batuan.
2. Rawa adalah tanah basah
yang selalu digenangi air karena kekurangan drainase atau letaknya lebih rendah
daripada daerah sekitarnya.
3. Danau adalah cekungan di
daratan yang terisi air.
4. Air hujan yang menggenang
di permukaan tanah mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih
rendah. Aliran air itu melewati lekukan atau alur menuju laut. Alur air semacam
itu dinamakan sungai.
3. Dendritik
adalah pola aliran sungai yang menyerupai bentuk pohon. Pola aliran itu berupa
sungai induk dengan anak-anak sungainya.
1.
Rectangular : Aliran
rectangular merupakan pola aliran dari pertemuan antara alirannya membentuk
sudut siku-siku atau hampir siku-siku. Pola aliran ini berkembang pada daerah
rekahan dan patahan.
2.
Pinnate : Pola Pinnate
adalah aliran sungai yang mana muara anak sungai membentuk sudut lancip dengan
sungai induk. Sungai ini biasanya terdapat pada bukit yang lerengnya terjal
3.
Trellis adalah pola
aliran sungai yang antara sungai induk dan anak-anak sungainya membentuk sudut
tegak lurus.
4.
Annular: sungai utama
melingkar dengan anak sungai yang membentuk sudut hampir tegak lurus. Berkembang
di dome dengan batuan yang berseling antara lunak dan keras
5.
Parallel adalah pola
aliran sungai yang hampir sejajar antara sungai satu dan lainnya.
6.
Radial adalah pola
aliran sungai yang arahnya menyebar dari suatu lokasi tertentu. Ciri khas pola
aliran di kerucut vulkan.
7.
Sentripetal adalah
pola aliran sungai yang arahnya menuju ke satu lokasi tertentu. Ciri khas di
daerah cekungan (danau).
Singaraja, 8 April 2014
Mengetahui :
Kepala SMA Guru mata pelajaran Geografi
( ) ( I Komang Sapta Dipayana )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar